Pemkot Metro Salurkan Bantuan dari Kemensos Republik Indonesia

0
METRO – Kementerian Sosial Republik Indonesia melalui Sentra Handayani Jakarta menyerahkan Bantuan Atensi (Asistensi Rehabilitasi Sosial) kepada 54 orang penyandang disabilitas di Kota Metro. Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh para penyandang disabilitas di Kantor Dinas Sosial Kota Metro pada, Jumat (22/03/2024).
Bantuan yang diserahkan senilai sebesar Rp.108.000.000, berupa kursi roda adaptif, kursi roda standar, perlengkapan sekolah, pemenuhan hidup layak, perlengkapan kebersihan diri, nutrisi dan ditambah pada bulan Februari telah diserahkan satu unit bentor senilai Rp. 38.600.000,-.
Dalam kesempatan ini, Ketua Tim Pelaksana Sentra Handayani Kementerian Sosial Dasniwati, menyampaikan bantuan yang disalurkan sesuai dengan permintaan masyarakat Kota Metro melalui Dinas Sosial setempat. Di mana setiap pendamping baik lurah maupun Camat dapat melaporkan, jika ada warga penyandang disabilitas yang ingin dibantu baik secara moril maupun materil.
“Jadi bisa kita ketahui bersama bahwa bantuan ini tentu saja melalui proses. Yaitu pendamping maupun pihak lurah dan camat itu mengusulkan ke Dinas Sosial, kalau di lingkungan mereka ada penyandang disabilitas,” katanya.
Pihaknya juga memastikan akan memberikan bantuan bagi penyandang disabilitas jika memang masih memerlukan bantuan. Bantuan tersebut dapat diusulkan melalui Dinsos. “Nanti secara kolektif Dinsos akan mengirim ke Sentra Handayani Jakarta dalam bentuk proposal. Nantinya kami akan tindaklanjuti dengan melakukan assessment ke Daerah”  imbuhnya.
Lebih lanjut ia mengemukakan bahwa saat ini Kementerian Sosial sedang berfokus pada bagaimana memberdayakan masyarakat, baik itu lansia maupun disabilitas melalui program kewirausahaan.

“Kalau seandainya kita temukan saudara kita baik itu lansia maupun penyandang disabilitas yang butuh uluran tangan pemerintah bisa diusulkan mendapat bantuan. Namun dengan syarat harus memenuhi kriteria, memiliki potensi untuk berwirausaha, dan memiliki cikal bakal usaha. Karena itu yang kami prioritaskan, bisa dilaporkan ke kami nanti kami akan tindaklanjuti,” ujarnya.
Sementara itu Walikota Metro, Wahdi bersama Wakil Walikota Metro,  Qomaru mengucapkan terimakasih kepada para tim Sentra Handayani Jakarta.
“Terima kasih kami ucapkan kepada Sentra Handayani yang telah memberikan perhatian kepada masyarakat penyandang disabilitas di Kota Metro. Semoga bentuk perhatian ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh para penerima sehingga mereka dapat menjadikan ini pemicu semangat dan membantu menjalankan aktivitas sehari-hari dengan lebih baik,” ungkap Wahdi
Lebih lanjut Wahdi mengatakan, bahwa Pemerintah harus bisa memperhatikan penyandanh disabilitas dari hal sekecil apapun. Karena sejatinya Pemerintah itu adalah pelayan masyarakat.
“Bantuan ini tentunya bukan hanya sekedar materi, tetapi juga merupakan simbol kepedulian pemerintah pusat terhadap masyarakat di wilayah Kota Metro,” ungkapnya.
Wahdi berharap bantuan ini dapat membantu meringankan beban masyarakat. Selain itu juga sebagai implementasi dari upaya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Sehingga untuk kaum disabilitas bisa berkarya dan semangat dalam menjalani kehidupan sehari-hari
Tak hanya itu, bantuan ini diharapkan dapat membantu tercapainya tujuan pembangunan berkelanjutan dan peningkatan kesejahteraan sosial di Kota Metro.
“Semoga bantuan ini dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk menunjang kegiatan usaha masyarakat. Kami berharap babtuan ini dapat bermanfaat khususnya bagi saudara kita penyandang disabilitas,” tutupnya. (ADV)

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.