Peringati HUT Satpol PP ke-74, Walikota Metro Pimpin Upacara

0
METRO – Pemerintah Kota Metro menggelar peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) ke-74.
Peringatan HUT Satpol PP tersebut digelar bersamaan dengan HUT Pemadam Kebakaran dan Penyelematan ke-105 serta HUT Satuan Perlindungan Masyarakat ke-62 tahun 2024 di Samber Park Kota Metro, Senin (22/4/2024).
Dalam ssmbutannya, Walikota Metro Wahdi, meminta kepada Satpol PP, Damkar dan Satlinmas bekerja sama dan bersinergi dengan TNI maupun Polri dalam menjaga stabilitas keamanan.
Ini mengingat proses Pilkada akan segera dimulai. Terutama nanti pasca mendekati Pilkada yang dalam proses penghitungan suara cukup berpotensi  menimbulkan konflik.
“Ancaman faktual pada masa penghitungan suara adalah penolakan hasil pemilu. Kemudian juga provokasi terhadap hasil-hasil pemilu dan sabotase,” ungkapnya.
Menurutnya, potensi gangguan tersebut rentan terjadi karena faktor ketidakpuasan peserta pemilu terhadap hasil penghitungan suara. “Untuk itu saya menekankan kepada seluruh jajaran Satpol PP dan Satlinmas, agar selalu bersikap proaktif. Kemudian mencermati kondisi dan dinamika di wilayahnya demi menjaga stabilitas dan keamanan,” pesannya.
Tak hanya itu kepada jajaran Satpol PP, Wahdi juga mengingatkan agar selalu mengedepankan sikap humanisme dalam pelaksanaan tugas di lapangan.
Sementara kepada anggota Satlinmas, Wahdi juga mengingatkan agar senantiasa proaktif melakukan pengamatan situasi. Ini terutama  kondisi di wilayah tempat tinggalnya masing-masing. “Ini sebagai deteksi dini dalam cegah  potensi gangguan ketenteraman dan ketertiban umum,” pesannya.
Diakui Wahdi bahwa pengalaman Pilkada sebelumnya akan menjadi landasan kuat bagi Satpol PP. “Kemudian juga Satlinmas dalam menjalankan tugas-tugasnya secara efektif dan profesional. Namun dengan tidak mengenyampingkan sikap humanis kepada masyarakat,” paparnya.
Sementara itu, dalam memperingati HUT Satpol PP Wahdi meminta kepada personel Satpol PP untuk tegas dalam melaksanakan tugas. Meski demikian tugas hendaknya dilaksanakan tanpa mengenyampingkan rasa humanis kepada masyarakat dalam penrgakan Peraturan Daerah (Perda) harus.
“Mari kita bersama-sama jadikan momen peringatan hari ulang tahun Satpol PP dan Satlinmas Tahun 2024 ini, sebagai refleksi untuk bersikap semakin tegas, namun tetap humanis. Kemudian proaktif dalam mencermati kondisi dan dinamika di wilayah masing-masing. Sehingga diharapkan  stabilitas ketertiban umum dapat terus terjaga,” tukasnya.
Diketahui, tahun 1948 pemerintah membentuk Satpol PP dengan sebutan Detasemen Polisi Pamong Praja Keamanan Kapanewon. Selanjutnya, tepat pada tanggal 3 Maret 1950 berdasarkan Keputusan Mendagri No.UP.32/2/21, detasemen ini berubah nama menjadi Kesatuan Polisi Pamong Praja.
Adapun tugas Satpol PP saat itu berperan untuk menjaga ketenteraman dan ketertiban masyarakat. Ini terutama dalam mempertahankan kemerdekaan di wilayah Jawa dan Madura. (ADV)

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.