Bisa Akses PPDB Jalur Prestasi

Metro–Jejakberita.id–Harapan kian tumbuh pada benak wali murid, setelah program aplikasi pada penerimaan peserta didik baru (PPDB) bagi SMA dan SMK jalur prestasi di Kota Metro telah dapat diakses.

Pasalnya, pada awal dibuka PPDB berbasis online ini tidak tersedia pilihan sekolah yang didambakan para siswa. Justru, pada jalur prestasi hanya tersedia di satu sekolah yang jarak nya sangat jauh dari tempat tinggal pendaftar.

Seperti yang dialami oleh Rio Delbe (40), seorang wali murid yang mendaftarkan anaknya untuk sekolah di Kota Metro mengatakan, pada pendaftaran awal di jalur prestasi hanya tersedia satu sekolah saja, yang diketahui sangat jauh jarak tempuh dari tempat tinggalnya.

“Anak saya memiliki prestasi non akademik, khususnya di cabang olahraga Taekwondo. Nah, yang tersedia kemarin hanya di SMA Negeri 3. Padahal rumah saya lebih dekat ke SMA Negeri 1 Metro,” ujarnya, saat ditemui Lampung Post di kediamannya, Kamis (17/06/2021).

Dia menambahkan, tak hanya berhenti di situ saja. Walaupun jarak tempuh rumahnya cukup jauh dia tetap melakukan pendaftaran di sekolah yang diimpikan anaknya. Setelah mengisi formulir dan meng-upload file persyaratan anaknya masuk dalam jalur zonasi.

“Walaupun harapannya kecil, saya tetap optimis. Saya yakin dengan jarak ini pasti urutan anak saya dapat tersalip oleh yang rumahnya lebih dekat lagi. Namun setelah mendapat kabar terbaru, saya registrasi kembali dan kini anak saya masuk dalam jalur prestasi,” ungkapnya, dengan wajah gembira.

Dia menambahkan, setelah mendaftar ulang, kini formulir dapat langsung diprint out. Selaku orangtua, Rio sangat senang sekali atas terbuka kembali jalur prestasi di PPDB 2021. Sebab, banyak anak yang berprestasi di Kota Metro yang memimpikan dapat bersekolah di SMA/SMK Negeri di Kota Metro.

“Selain menjadi motivasi, nantinya putra-putri di Kota Metro pasti lebih gencar mencari prestasi. Tak hanya di tahun ini saja, tahun selanjutnya saya harap begitu. Tetap dibukanya jalur prestasi baik itu akademik dan non akademik,” kata dia.

Diketahui, orangtua seorang putri asal Bumi Sai Wawai yang telah mengharumkan nama Kota Metro serta Provinsi Lampung tersebut merasa optimis, dapat masuk ke sekolah yang diimpikan anaknya, dengan prestasi meraih juara I cabang olahraga Taekwondo tingkat internasional di Bali, meraih medali perak pada piala Menhan di 2018 dan di 2019 mendapat juara I tingkat Nasional, yakni Kapolri Cup. (**)