BPBD Metro Lakukan Kordinasi dengan Kelurahan Antisipasi Bencana Alam

Metro–Jejakberita.id–Pemerintah Kota melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) akan melakukan kordinansi dengan kelurahan untuk menghadapi potensi bencana yang terjadi hingga akhir 2021.

Kepala BPBD Kota Metro, Firdaus mengatakan, dengan melakukan kerjasama antar instansi pemerintahan terkait dapat mengantisipasi bencana yang berpotensi akan terjadi.

“Kita ini di Metro terbilang aman dari berbagai bencana. Jikalaupun ada, mungkin hujan deras yang disertai dengan angin kencang. Jadi, kita akan memberikan surat edaran untuk kelurahan agar dapat mengimbau masyarakat untuk menjaga kelestarian lingkungan,” ujarnya

Dia menambahkan, ada beberapa titik lokasi yang jika terjadi hujan yang cukup besar maka akan terjadi genangan air yang cukup tinggi.

“Dapat kita pastikan, luapan air yang terjadi itu karena daya resapan air yang minim. Tapi, genangan air itupun tidak terjadi terlalu lama. Kurang dari dua jam saja genangan air itu sudah surut,” tambahnya.

Dia menjelaskan, dengan dibantu para relawan yang sudah di siapkan di masing-masing kelurahan nantinya dapat cepat tanggap jika sewaktu – waktu terjadi bencana.

“Relawan kami di masing-masing kelurahan ada dua orang. Setiap ada kejadian mereka langsung melaporkan ke Kasi Kesiapsiagaan,” jelasnya.

Diketahui, terdapat titik wilayah yang berpotensi banjir ialah, Jalan Raya Stadion Kelurahan Tejoagung, Jalan Tongkol Kelurahan Iringmulyo, Jalan Lawu Kelurahan Yosorejo. Walaupun dengan durasi dua jam, genangan tersebut dirasa sangat merugikan masyarakat, (**)