Pelantikan Perbakin Kota Metro

Metro–Jejakberita.id–Pelantikan Persatuan Petembak Indonesia (Perbakin) Kota Metro dihadiri Walikota Metro yang diwakili Wakil Walikota Metro Qomaru Zaman dan Ketua Perbakin Provinsi Lampung. Minggu, 19/12/2021.

Dalam hal ini, Ketua Perbakin Metro, Joni Maizar mengatakan hari ini yang telah dilantik sekira 50-an pengurus.

“Hari ini kita yang dilantik ada kurang lebih 50 pengurus yang akan menghidupkan Perbakin di Kota Metro. Dimana sebelumnya belum ada kepengurusannya,” ungkapnya.

Lanjutnya, pihaknya akan segera melakukan Rapat Koordinasi (rakor) untuk segera melakukan event dan menyiapkan calon atlet.

“Dalam waktu dekat kita akan rakor, dalam rangka menyiapkan atlet yang akan kita kirim untuk event yang akan diadakan Perbakin Provinsi Lampung di Januari 2022 mendatang,” lanjutnya.

Dia pun mengharapkan dikepengurusan ini dapat menjadi salah satu jalur bagi masyarakat Metro untuk memajukan Metro di bidang prestasi Olahraga.

“Harapannya dapat menjadi wadah penyalur bakat dalam bidang Tembak-menembak, dimana saya yakin di Kota Metro ini banyak potensi terpendam yang belum tersentuh jadi tidak berkembang,” tutupnya.

Dalam hal ini, Ketua Perbakin Provinsi Lampung, Ir. H. Irham Jafar Lan Putra, M.H mengatakan pihaknya melantik kepengurusan Perbakin Metro yang sebelumnya belum ada kepengurusannya di Kota Metro.

“Jadi justru pengurus kabupaten kota itu merupakan instrumen dibawah provinsi. Kami melantik pengurus cabang hasil musyawarah daripada cabang. Sebelumnya mereka telah mengadakan musyawarah dan menyusun pengurus dan disahkan oleh pengurus provinsi,” ungkapnya saat diwawancarai di depan Gedung Wisma Haji Kota Metro.

Dia menjelaskan, kepengururusan ini diharapkan dapat menjadi wadah bagi para atlet penembak baik yang pemula maupun profesional yang ada di Kota Metro.

“Mereka ini pengurus kota. Maka sesuai dengan Tugas Pokok dan Fungsi yang ada mereka harus membina club yang ada di kota Metro sehingga dapat menyalurkan semua kemampuan yang ada sehingga dapat memunculkan atlet baik yang sudah jadi maupun pemula,” ujarnya.

Lanjutnya, harus ada suatu koordinasi dimana dengan itu hubungan antara pengurus dan klub itu jadi harmonis.

“Artinya segala sesuatu yang dilakukan klub itu harus sepengetahuan dari pengurus kota,” lanjutnya.

Dia menambahkan, Perbakin ini untuk kepengurusan baru lima kabupaten kota yang sudah di Lantik. Pihaknya menargetkan sebelum akhir tahun ada 10 lagi yang dilantik.

“Akhir bulan ini sekitar 8-10 dari 15 kabupaten kota yang harus di Lantik. Sehingga perbakin ini bisa mengadakan event ataupun kegiatan turnamen,” tambahnya.

Lanjutnya, untuk event tidak perlu di agendakan secara besar-besaran. Mulai dari antar klub, lanjut ke provinsi dan tingkat regional Sumbagsel. Jadi terus dan tidak akan kosong.

“Dalam waktu dekat nanti akan ada kejuaraan, nanti akan diadakan oleh Provinsi di bulan Januari 2022. Kemarin kita sudah mengadakan kejuaraan di bulan November, Krakatau Shooting Club. Nah, nanti kita akan adakan tingkat provinsi supaya tidak kosong dan para atlet semakin mahir dan membentuk mental yang kuat,”

Dikesempatan yang sama, Walikota Metro yang diwakili Wakil Walikota Metro, Qomaru Zaman mengapresiasi untuk pembentukan kepengurusan Perbakin ini.

“Saya tadi sudah sampaikan, point nya adalah Kota ini harus dibangun oleh kaum yang intelektual dan religius yang tinggi, sehingga kedepannya kota ini harus beradab dan terhormat,” ungkapnya.

Menurutnya, dikarenakan ini berlokasi di Kota bukan Kabupaten kita harus dapat hadirkan potensi-potensi besar di semua Sekmen dan semua aspek termasuk Perbakin.

“Bibit potensi di Metro ini sangat luar biasa, tadi sudah di tampilkan salah satu yang menurut kita biasa saja namun memiliki keahlian menembak yang jitu dan itu menjadi prestasi untuk Metro sendiri,” ucapnya.

Dia menambahkan, untuk pengadaan lapangan tembak kita akan rumuskan terlebih dahulu.

“Tadi juga sempat di singgung pengadaan lapangan tembak. Itu nanti, jika sesuai dengan anggaran nanti kita akan berbuat yang baik untuk kota metro, bersama Dispora dan dikawal oleh pengurus Perbakin Kota Metro,” tutupnya. (**)