Pemerintah Kota Metro mendukung upaya penelusuran arsip sejarah Kota Metro ke Belanda

METRO – Dukungan Pemkot Metro ini ditunjukkan dengan membeli buku Jejak Kolonisasi Sukadana, Karya sejarawan yang juga Dosen UM Metro, Jumat (3/9/2021).

Didampingi Plt Asisten 1, Plt Kadis Pendidikan dan Kebudayaan, Kabid Kebudayaan dan Kasie Cagar Budaya dan Museum Kian diterima oleh Wali Kota Metro Wahdi Sirajudin, Wakil Wali Kota Qomaruzaman dan Sekda Kota Metro Bangkit Haryo Utomo.

Plt Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Puspita mengatakan dukungan ASN Metro dan guru-guru terhadap upaya penelusuran sejarah terbukti dengan antusiasme para ASN Metro.

“Alhamdulillah sambutan dari kalangan ASN, guru-guru, pustakawan dan arsiparis ikut memesan buku ini hingga mencapai 150 orang pemesan hingga saat ini,”jelasnya.

Sementara itu Wali Kota Metro Wahdi Siradjudin mengatakan bahwa Metro harus terus menumbuhkan kecintaan terhadap sejarah dan kedepannya mengembangkan tidak hanya wisata sejarah dan budaya, tapi juga identitas kota.

“Kedepan bila cerita, bangunan bersejarah dan wisata sejarah dikembangkan terus akan menjadi daya tarik tersendiri bagi Metro,”ujarnya.

Wakil Wali Kota Metro Qomaruzaman berharap pelajar-pelajar di Kota Metro dapat mempelajari dan mencintai sejarah.

“Akan baik sekali bila pelajar-pelajar terus mempelajari sejarah lokal khususnya sejarah kotanya,” ungkapnya.

Senada Sekda Kota Metro Bangkit Haryo Utomo berharap buku-buku sejarah lokal dapat terus hadir memperkaya referensi bagi para pelajar-pelajar di sekolah.

Pada kesempatan tersebut juga diserahkan secara simbolis buku Jejak Kolonisasi Sukadana kepada Walikota, Wakil Walikota dan Sekda Kota Metro. (Advertorial)