Pemkot Metro akan Mengembangkan Home Industri Pengolahan Kopi

Metro–Jejakberita.id–Pemerintah Kota (Pemkot) Metro akan mengembangkan home industri pengolahan kopi di kota setempat. Hal ini sebagai upaya untuk mengembangkan kopi Lampung dan juga meningkatkan perekonomian masyarakat.

Wali Kota Metro, Wahdi Siradjuddin mengatakan, Lampung merupakan penghasil kopi robusta terbesar nomor empat di dunia. Hal ini tentu bisa menjadi peluang untuk pengembangan home industri kopi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Iya Metro memang bukan penghasil kopi. Tapi Provinsi Lampung adalah penghasil kopi nomor empat terbesar di dunia. Karena itu ini bisa menjadi peluang,” kata Wahdi saat Perayaan International Coffee Day, Sabtu (02/10/2021).

Ia menjelaskan, nantinya pemerintah akan mendukung home industri pengolahan kopi tersebut dengan memberikan pendampingan mulai dari pengolahan, pengemasan hingga pemasaran.

“Jadi bukan hanya bisa mengolah tapi juga bisa memasarkan. Karena itu sesuai dengan prinsip bisnis. Ini potensi-potensi yang bisa kita kembangkan,” paparnya.

Wahdi berharap, dengan adanya pengembangan home industri pengolahan kopi ini, bisa meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) Kota Metro.

“Peluang-peluang ini yang harus kita lihat. Meskipun bukan menjadi penghasil produknya tapi kita kembangkan hasil karyanya. Dan ini bisa meningkatkan PAD kita,” tambahnya. (*)