Warga Metro Diminta Waspada Demam Berdarah

Metro–Jejakberita.id–Pemerintah Kota Metro mengimbau masyarakat untuk waspada terhadap penyakit demam berdarah dengue (DBD) yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegepty.

Walikota Metro Achmad Pairin mengatakan pada musim hujan saat ini banyak ancaman penyakit melalui virus, salah satunya DBD.  

“Pandemi Covid-19 belum berakhir. Tetapi kita jangan lengah dengan DBD. Terlebih sekarang ini musim hujan. Semua harus waspada dan menjaga lingkungan dan kesehatan tubuh,” kata Achmad Pairin, Senin (08/02/2021).

Dia menyarankan warga agar terhindar dari gigitan nyamuk Aedes aegepty dan penyakit DBD, agar menerapkan 3M (Menguras, menutup, dan mengubur genangan air).

“Bersihkan lingkungan, jangan ada genangan air. Karena itu sumber jentik nyamuk DBD. Putus kembang biak nyamuk Aedes aegpty dengan mengukur barang bekas dan genangan air,” imbaunya.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Kota Metro, Erla Andrianti akan menyosialisasikan upaya memutus mata rantai penyebaran DBD di wilayah setempat.

“Sosialisasi pemberantasan sarang nyamuk pada masyarakat untuk selalu melaksanakan 3M plus,” ucapnya.

Bahkan, dia menambahkan, pihaknya akan menerjunkan seluruh kader jumantik untuk menyosialisasikan pencegahan penyebaran DBD.

“Kader jumantik juga turun langsung menyosialisasikan. Semoga DBD di Kota Metro dapat teratasi,” pungkasnya.(tm)