Gubernur Lampung Resmikan RSH Pertama di Lampung dari Kota Metro

0
METRO – Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi menilai pembangunan Rumah Sakit Hewan (RSH) oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Metro perlu dijadikan contoh kabupaten/kota lainnya.
Di mana RSH tersebut merupakan satu-satunya dan yang pertama ada di Provinsi Lampung.
Demikian disampaikan Gubernur Lampung dikonfirmasi awak media usah meresmikan RSH di Kota Metro, Selasa (27/2/2024).
Dalam kesempatan itu, Arinal mengaku senang dengan inovasi Pemkot Metro yang peduli terhadap kesehatan hewan. Terlebih RSH tersebut menjadi yang pertama dan satu-satunya di Provinsi Lampung.
“Ya memang perlu, cuma sekarang baru dimulai oleh Kota Metro. Untuk rumah sakit ini kan kita baru yang pertama di Lampung, diinisiasi oleh Wali Kota dan saya sangat senang,” ujarnya.
Menurutnya, dengan adanya rumah sakit hewan tersebut maka hewan-hewan dapat dijaga kesehatannya.
“Karena ada memang hewan yang  dipelihara, kesehatan-kesehatannya harus dijaga, maka kita siapkan rumah sakit hewan,” katanya.
Ia berharap keberadaan RSH tersebut tidak hanya menangani seperti kucing, kelinci atau yang lainnya. Tetapi RSH tersebut juga dapat memberikan pelayanan kesehatan  bagi hewan ternak lainnya seperti sapi di kabupaten lainnya.
“Selain itu uga bisa keluar untuk melihat kalau ada sapi yang kurang sehat, ada kambing yang kurang sehat, di wilayah Lampung Timur dan Lampung Tengah bisa difasilitasi,” pesannya.
Sementara itu, dalam kesempatan tersebut Walikota Metro, Wahdi mengakui bahwa pembangunan RSH merupakan langkah strategis pembangunan daerah.
“Alhamdulillah bapak Gubernur tadi datang. Saya kira apa yang disampaikan bapak gubernur ini sangat tepat sekali,” ujarnya.
Menurutnya, sebagai daerah penyangga beberapa kabupaten, maka sebagian kegiatan dicover oleh Kota Metro.
Meski demikian dia mengaku masih  banyak membutuhkan sumber daya manusia (SDM) di RSH tersebut. Kemudian sarana prasarana terutama bisa dilihat dari bangunan gedung yang masih sederhana.
“Untuk dokter (RSH) ada 9 orang, nanti akan tambah dua lagi dari P3K. Kemudian paramedis nya ada 6, nanti juga akan bekerja sama dengan pihak-pihak yang lain dan masih dilakukan,” jelasnya.
Lebih lanjut Wahdi mengaku optimis akan mendapatkan banyak dukungan dari Pemrov Lampung.
“Sampai saat ini tentu dukungan morilnya sudah jelas ada, maka beliau langsung datang ke sini. Tadi beliau juga menyampaikan akan memberikan dukungan besar terhadap fungsi rumah sakit,” paparnya.
Terlebih diakui Wahdi bahwa dengan hadirnya RSH merupakan upaya mewujudkan pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2028 di Lampung.
“Isu strategisnya bahwa ketika 2028 mampu menjadi tuan rumah PON, maka kita sudah punya rumah sakit. Karena syarat penyelenggaraan PON itu di satu provinsi harus ada rumah sakit hewan,” tutupnya. (ADV)

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.